(Sidua-dua, 13/10/2023) RSUD Aek Kanopan melangkah ke tahap kedua dalam Lomba Inovasi Daerah Kabupaten Labuhanbatu Utara tahun 2023 dengan inovasinya, E-Learning RSUD Aek Kanopan. Sehari sebelumnya, 12 Oktober 2023 Tim RSUD Aek Kanopan yang diwakili oleh Kepala Bidang Pelayanan Medik dan Keperawatan dr. Rifan Eka Putra Nasution serta Kepala Bidang Pengembangan dan Informasi Ns. Julham Sihombing, S.Kep telah memaparkan inovasi E-Learning RSUD Aek Kanopan dihadapan 5 orang juri. Inovasi E-learning RSUD Aek Kanopan bersama 12 Inovasi OPD Lainnya terpilih untuk mengikuti tahap kedua Lomba Inovasi Daerah Kabupaten Labuhanbatu Utara Tahun 2023. Ke-12 inovasi ini terpilih setelah sebelumnya setiap OPD yang memiliki Inovasi mengisi Sistem Informasi Inovasi Kabupaten (SINOKAB) dan menyertakan inovasinya untuk mengikuti perlombaan. 

 

Dewan Juri Melakukan Validasi Apakah Aplikasi E-Learning Berfungsi Dengan Baik


Platform E-Learning ini merupakan langkah inovatif dengan memanfaatkan aplikasi E-Gov Labura yang dikembangkan oleh Kominfo Labura. Tujuan utama inovasi ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan kompetensi pegawai dan staf rumah sakit. Hari ini, tim juri yang terdiri dari Ibu Rimbawati, ST, MT, dan Bapak M. Hamzah Fauzi, S.Kom, bersama dengan Tim Balitbang Labura, berkunjung ke RSUD Aek Kanopan untuk melaksanakan tahap validasi lapangan. Adapun tujuan validasi lapangan ini adalah mengevaluasi dampak nyata inovasi ini. 



Inovasi E-Learning RSUD Aek Kanopan adalah upaya meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan. E-Learning RSUD Aek Kanopan dirancang untuk memfasilitasi peningkatan pengetahuan dan kompetensi pegawai dan staf rumah sakit. Ini mencakup serangkaian kursus yang mencakup berbagai aspek yang relevan dengan praktik medis dan manajemen rumah sakit. Terutama terkait sasaran keselamatan pasien. 



Menggunakan teknologi digital untuk pendidikan kesehatan, E-Learning RSUD Aek Kanopan memberikan kemudahan bagi para pegawai dan staf rumah sakit untuk mengakses sumber daya pengetahuan dan kompetensi. Mereka dapat belajar dan meningkatkan pengetahuan mereka melalui platform yang mudah diakses, yang mendukung perjalanan pembelajaran tenaga kesehatan.

 

Dewan Juri, Tim Litbang Labura, dan Tim Pengembangan Inovasi E-Learning RSUD Aek Kanopan


Tahap validasi lapangan adalah titik kritis dalam Lomba Inovasi Daerah Kabupaten Labuhanbatu Utara tahun 2023. Tim juri melihat bagaimana inovasi ini telah mempengaruhi kualifikasi dan kinerja pegawai dan staf rumah sakit. Tim juri menilai apakah aplikasi inovasi E-learning RSUD Aek Kanopan ini dapat digunakan dan apakah pelatihan melalui platform E-Learning ini telah meningkatkan kemampuan pelayanan medis dan manajemen rumah sakit. Kursus yang tersedia saat ini adalah komunikasi efektif. Tim juri menilai apakah terdapat peningkatan keterampilan komunikasi staf dan pegawai.

 

Kepala Badan, Mahdalena Waty Siregar, ST, dan Kepala Bidang Pembangunan Inovasi dan Teknologi, Dewi Sartika Ritonga, SE serta tim Balitbang Labura lainnya turut serta dalam kunjungan validasi lapangan ini


Ibu Mahdalena Waty Siregar, ST berpesan, “Kami dari Balitbang mengharapkan bahwa inovasi ini dapat terus dikembangkan. Tidak sekedar hanya untuk mengikuti Lomba Inovasi Daerah Kabupaten Labuhanbatu Utara Tahun 2023. Namun, agar terus menerus dikembangkan dan diukur besar dampak dari inovasi E-learning ini. Besar harapan kami agar Kabupaten Labuhanbatu Utara memiliki inovasi yang mengikuti perlombaan tingkat nasional.” 

Ketua Tim Pengelola Inovasi E-Learning dr. Rifan Eka Putra Nasution bersama tim Case Manager, Supervisor, dan Tim pengelola lainnya berkomitmen untuk mengupayakan dampak inovasi secara optimal dan terus mengembangkan fitur-fitur inovasi E-learning, Termasuk saran dari dewan juri seperti generate sertifikat dan simulasi digital untuk keterampilan klinis.